Temukan Berbagai Tips Menarik di Situs Ini

Berencana ke Bali? Wajib Kunjungi Garuda Wisnu Kencana!

Berencana ke Bali? Wajib Kunjungi Garuda Wisnu Kencana!

Garuda Wisnu Kencana resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 22 September 2018 silam. Monumen yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Kabupaten Badung—14 km arah selatan dari Hotel Sunset Road Bali atau 10-15 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai ini merupakan maskot Pulau Bali.

Patung Garuda Wisnu Kencana didesain oleh Nyoman Nuarta, seniman ternama Bali. Ide ini pertama dicetuskannya pada awal 1990-an dengan tujuan untuk membuat maskot utama Pulau Dewata, sekaligus menciptakan patung tertinggi di Indonesia. Monumen ini terinspirasi dari epos agama Hindu tentang Dewa Wisnu dan rekannya yang tepercaya, seekor burung Garuda, yang pergi mencari Amerta (ramuan kehidupan). Dalam kepercayaan umat Hindu pun, Dewa Wisnu diyakini sebagai pelindung alam semesta. Sedangkan burung Garuda merupakan simbol negara Indonesia. Oleh karena itu, kedua sosok inilah yang dipilih sebagai karakter maskot Pulau Dewata.

Relief Garuda dan Dewa Wisnu—yang hanya setengah badan—memiliki tinggi 75 meter dan lebar 65 meter. Patung kedua makhluk ini diletakkan di sebuah gedung penyangga di ketinggian 264 meter di atas permukaan laut. Penggabungan ini membuat patung Garuda Wisnu Kencana memiliki total tinggi 121 meter, yang menjadikannya bangunan tertinggi keempat di dunia. Melansir Kumparan, monumen ini memiliki total 30 lantai di dalamnya. Namun, pengunjung kelak hanya akan bisa mencapai lantai 23. Sebab, lantai tersebut telah sampai di bagian bahu patung Dewa Wisnu, dan tidak memungkinkan bila wisatawan mencapai bagian relief kepala Dewa Wisnu karena bagian tersebut disucikan.

Patung Garuda Wisnu Kencana terdapat di sisi paling belakang GWK Cultural Park. Untuk memasuki tempat ini, Anda perlu menyediakan uang sebesar Rp125 ribu per orang. Jangan khawatir, sebab, dana sebanyak itu tidak hanya untuk menyaksikan—atau berfoto—sebuah patung megah saja. Sebab, kawasan ini memiliki sejumlah titik wisata menarik lainnya seperti ruang teater, studio foto, restoran, taman, sampai kolam pemandian keagamaan.

Nah, itulah dia uraian tentang Garuda Wisnu Kencana. Jangan lupa berkunjung ke tempat ini saat Anda ke Bali, ya!